7 Tips Mencari Wedding Organizer Buat Kamu Wahai Calon Pengantin

After long this time, , finally come back to meramaikan lagi dunia per blog an ini.. But, this time, I dont want to write about poem or prose. Just want to sharing about prepare my wedding event.

Nah, setelah konsultasi sama calon, akhirnya dia bilang saya harus nulis lagi biar ga terus patah hati (lah.. Jadi curhat).. Intinya memberi referensi bagi pasangan calon pengantin yang mau menikah berdasarkan dari pengalaman saya berdua dengan calon suami. Dia suka kalau saya menulis, terasa lezatnya. Haha

Buat teman-teman yang akan menikah, mungkin beberapa orang akan berpikir lebih baik menyiapkan sendiri secara terpisah persiapan apapun yang dibutuhkan dalam acara pernikahan. But literally, we need wedding planner. Why? Karena ternyata ribet! Kita ga cuma menyiapkan tenda, tetapi juga dekorasi, wedding gown, catering set, documentations, and so on. Kebayang gak kalau semua disiapkan sendiri dan terpisah? Kalau aku, jujur tidak bisa. Karena waktu dan tenaga. Loh kenapa ga biaya? Karena pada dasarnya, kamu menyiapkan sendiri dengan kamu menggunakan jasa wedding planner atau wedding organizer (WO) harganya tidak jauh beda. Dan ini ternyata berlaku juga buat harga di luar Jakarta-Bogor-Tangerang-Depok-Bekasi, seperti di Sragen (tempat suami saya, info langsung dari temannya).

Saya tinggal di daerah Bogor, dan rata-rata harga jasa Wedding Organizer disini kisaran 20-40 Juta Rupiah tanpa catering dan 50-90 juta Rupiah dengan catering ; keduanya tergantung dari wedding package apa yang kamu butuhkan. Saya pribadi lebih suka yang bercitarasa menengah dan mau yang simpel saja langsung pakai catering, dan yang sudah tinggal terima jadi.

Kenapa saya ga masak sendiri dan justru pakai catering? karena saya dan keluarga berpikir, pasti ribet harus nyiapin acara masak-masak yang kalau sepengamatan saya, paling gak butuh 4 tim (tim masak min. 15 orang dengan 10 kompor, tim pengantar makanan, tim penjaga buffe makanan sekaligus memberikan makan pada tamu, dan tim pencucian catering set). Belum lagi kita butuh 1 ruangan luas yang berfungsi sebagai dapur. Well, it's not look like as complicated as we imagine. Ga serumit bayangan kita, itu hanya soal selera. Setiap orang pasti berbeda pendapat, ada yang lebih suka masak sendiri ada yang lebih suka langsung pakai catering. Masing-masing juga punya keuntungan dan kelebihan. Contohnya, kalau masak sendiri keuntungannya pasti lebih bisa menyesuaikan kebutuhan, dan tentu lebih murah. Soal rasa, lidah ga bisa bohong.. Hehe sekali lagi, itu selera.


Well, back to the wedding organizer topic, akhirnya setelah mencari dan mencari, saya menemukan tambatan hati saya, eh maksudnya Wedding Organizer yang cocok dengan saya baik dari fasilitas yang ditawarkan dan harga nya. Usut punya usut, idealnya kita mencari Wedding Organizer itu 6 bulan - 1 tahun sebelum acara pernikahan, termasuk mencari gedungnya juga. Alasannya karena pasti rebutan nyari gedung dan waktu (bagi yang mau menikah di gedung) dan akhirnya saya temukan itu setelah 3x mencari Wedding Organizer (WO). Nama WO yang saya pakai adalah Kinang Kilaras Wedding, bisa juga kunjungi instagram nya di @kinang_kilaras_wedding 

Salah satu koleksi kebaya nikah @kinang_kilaras_wedding
Fasilitas yang ditawarkan mulai dari paket 500 porsi, 800 porsi, dan 1000 porsi dengan harga yang berbeda-beda. Saya memilih yang 1000 porsi atau sekitar 500 undangan. Dengan tema pernikahan ala adat jawa kental dengan nuansa black and gold. Disini pelayanananya menurut saya ramah, karena informasi yang diberikan selalu lengkap, hehe contohnya saya juga baru tahu perbedaannya paes solo dan paes jogja. Karena muka saya bulat, jadi lebih cocok ke paes putri solo. Karena saya dan calon suami bertubuh mungil kuadrat, demi kemaslahatan umat, akhirnya saya rela saya dibilang mungil 😄😄😄, maka fitting baju sampai harus merombak baju pengantin koleksi mereka. Bayangkan! kurang ramah gimana cobak, aaakkkk... muaaachhh. 

Selain jasa Wedding origanizer nya, saya juga pakai jasa catering dari mereka (seperti yang udah disebut diatas) alasan saya menggunakan catering label mereka, karena rasanya enak... Kok saya tau? Ya sebelumnya saya melakukan test food atau icip-icip makanan dan udah 3x ngicip hahaha (laper apa doyan?) Selain itu, yang saya suka dari WO tempat saya adalah pelayanan yang ramah, dan mengerti banget kebutuhan kita sebagai calon pengantin (yang banyak pengeluaran) hehe

Sebelum saya berakhir, ini ada beberapa tips buat kamu yang lagi mencari jasa Wedding Organizer, taraaa....... tips mencari wedding organizer / wedding planner buat kamu yang mau menikah : 
  1. Pastikan kamu sudah berkonsultasi sama keluarga juga, terkait kamu mau pakai jasa wedding organizer (WO) atau gak.
  2. Daftar WO saat sedang buka promo, dibulan-bulan tertentu para pengusaha WO akan buka promo, pilih yang sesuai kebutuhan kamu. 
  3. Coba lihat paket dan fasilitas apa yang ditawarkan sama mereka, bandingkan dengan tempat WO lain, apakah harga beda jauh atau tidak? Ini penting karena kantong tetap tidak boleh bolong. 
  4. Temukan WO kamu minimal 6 bulan sebelum tanggal pernikahan kamu. 
  5. Pastikan WO yang kamu pilih bikin kamu dan pasangan kamu nyaman, lihat pelayanannya, kualitasnya (bisa dari testimoni orang lain). 
  6. Jika kamu berminat untuk menggunakan catering dari jasa WO kamu, pastikan kamu melakukan test food dengan label mereka, dan beri komentar juga masukan bagaimana rasa dari makanan mereka. Quality more important than quantity.
  7. Lihat track record dari jasa WO yang akan kamu pilih, pelayanan yang gak ramah dan memuaskan bisa langsung kamu hindari, mengingat kita udah keluar uang banyak loh, jadi pasti pengennya ada kesan pernikahan yang luar biasa juga yesss. :)

Sukses dan lancar sampai hari H yaaa.. Next we will discuss about undangan, baju seragam keluarga, dan souvenir. See yaa.. 😘😘😘

Dan foto yang diatas adalah salah satu koleksi gaunnya Kinang Kilaras Wedding. 😍 Gorgeous! 

Komentar

  1. hai mbak eka, jika berkenan, apakah saya boleh meminta price list kinang kilaras ? bisa dikirim ke email ummahaulia@yahoo.com, terima kasih mba.

    BalasHapus
  2. Hai mba. Jika berkenan boleh minta pricelist kinang kilaras rika.nurlia@yahoo.com

    BalasHapus
  3. mbak, maaf bisa minta price listnya mbak untuk wo dan cateringnya... dikirim ke email wiwitan34@gmail.com
    terima kasih ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak,, maaf banget baru sempat buka,, wah untuk price list saya gak memfotonya kak,, tapi kurang lebih harga untuk paket 500 undangan (1000 tamu) itu 80-90 juta. Mungkin bisa langsung kontak owner Kinang Kilarasnya kak, lewat instagramnya. https://www.instagram.com/kinang_kilaras_wedding/

      Hapus
  4. hai.. mbak.. boleh minta price list yg di dapat dari kinang kilaras ? mohon di email ya mbak ke eliza.listiana@gmail.com .. terima kasih mbak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak,, maaf banget baru sempat buka,, wah untuk price list saya gak memfotonya kak,, tapi kurang lebih harga untuk paket 500 undangan (1000 tamu) itu 80-90 juta. Mungkin bisa langsung kontak owner Kinang Kilarasnya kak, lewat instagramnya. https://www.instagram.com/kinang_kilaras_wedding/

      Hapus
  5. hallo mbak, maaf mbak boleh minta price list yg di dapat dari kinang kilaras ? mohon di email ya mbak ke asriindah68@gmail.com .. terima kasih banyak ya mbak ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak,, maaf banget baru sempat buka,, wah untuk price list saya gak memfotonya kak,, tapi kurang lebih harga untuk paket 500 undangan (1000 tamu) itu 80-90 juta. Mungkin bisa langsung kontak owner Kinang Kilarasnya kak, lewat instagramnya. https://www.instagram.com/kinang_kilaras_wedding/

      Hapus
  6. HIS K-Link Tower Grand Ballroom proudly presented..:
    'ALL IN wedding package' + Free HONEYMOON Jepang + Flight

    - Glamour Venue
    - Decoration
    - Catering
    - Make up and Attire or Bridal
    - Entertainment
    - Photography,
    - WO 8 person
    - Wedding Car (ALPHARD)

    HIS K link Tower Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 59A Lt.12 Jakarta Selatan.
    hit me thru whatsapp 081554329946 (Aulia)
    .
    Please kindly check this video :)
    .


    https://www.youtube.com/watch?v=68r_76Iy_GI

    BalasHapus

Posting Komentar