Emas Lokal vs Emas Hongkong, Apa Bedanya?

Pernikahan tidak lengkap jika tidak ada seserahan. Sekecil apapun bentuk seserahan itu. Dari sekian banyak jenis seserahan yang biasa diberi dari pihak laki-laki (dalam adat jawa), terselip salah satu jenis seserahan berupa emas. Selain sebagai pelengkap seserahan, emas juga bisa digunakan untuk aksesoris bagi wanita. Nah, kami mau berbagi cerita tentang dua jenis emas yang biasa ditemuin di pasaran. 

Pasti tidak asing lagi sama emas lokal atau emas hongkong kan???? Buat yang pertama kali kepo banget apa sih emas lokal dan emas hongkong. Berikut perbedaannya. 
Emas Lokal (kiri) vs Emas Hongkong (kanan) 
dengan berat 10 gram 
  1. Emas lokal sesuai namanya, merupakan emas dari negara sendiri. Emas hongkong sesuai namanya merupakan emas import dengan standarisasi kemurniannya dari international. Tapi bukan berarti emas lokal tidak murni ya emasnya. Tergantung kadar karatnya yang kita inginkan. 
  2. Emas lokal biasanya memiliki bentuk yang klasik, bentuk yang sederhana dan cuma beberapa bentuk saja. Terlebih jika emas lokal itu masuk dalam jajaran emas 24 karat, maka siap-siap beli diatas 8 gram, atau emasnya keciiiiiiiiillll banget kalau kurang dari angka itu. Sedangkan emas hongkong rata-rata bentuknya bermotif dan terlihat besar-besar. 
  3. Emas lokal biasanya bisa di custom, sesuai dengan kadar emasnya pula. Emas hongkong biasanya sudah default, alias sudah dari pabriknya, tidak bisa di custom and of course,,, sudah tersedia di toko, jadi ya terima jadi saja.  
  4. Emas lokal harga bervariasi sesuai kadar karat dan gramnya (juga kebijakan harga toko). Sedangkan emas hongkong harga per gram nya lebih mahal. Tetapi bukan berarti lebih baik atau lebih bagus, sekali lagi sesuai selera dan budget hehe
Nah, kurang lebih itu sedikit perbedaan mendasar antara emas lokal dan emas hongkong. Bagi saya, apapun bentuk emasnya, sebisa mungkin yang terlihat pantas saja, sesuai selera, juga budget nya. Kalau saya lebih suka emas lokal, karena harganya lebih murah, bentuknya juga terlihat lebih kokoh. Sekian sharing dari saya, kalau ada yang mau nambahin soal perbedaannya, boleh banget loh. Salam. :)

Komentar

Posting Komentar