4 Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Berencana Membuat dan Mencetak Undangan Pernikahan

Finally!!! We meet again and now I want to sharing about Wedding Invitation. So close with the main day, makes me more willing to share too much. Kali ini mau bahas pentingnya mengawal proses pembuatan undangan pernikahan. Undangan pernikahan itu sama seperti halnya ketika kita memutuskan untuk menggunakan jasa Wedding Organizer. Harus disiapin jauh-jauh hari.

Sebenarnya untuk masalah cetak mencetak itu perkara mudah, secara sudah banyak banget percetakan. Diaspora percetakan undangan pernikahan ini bisa ditemukan banyak banget dari yang dipinggir jalan, sampai di dalam sebuah gedung perkantoran. Tergantung kita mau mencetak dimana.
Sedikit (banyak sih sebenarnya haha) cerita dari saya waktu mau buat wedding invitation adalah ketika kita memutuskan berapa banyak tamu atau kerabat yang kita undang. Nah, that's why I mention it at first, its look like same thing when we choose weeding organizer service.

Hal pertama yang perlu dinotice sejak awal adalah, buat list terlebih dahulu berapa banyak tamu dan kerabat yang mau kita undang. Hal ini penting karena akan berpengaruh pada jumlah porsi makanan utama yang ada di catering package nya si wedding organizer. Pastikan cukup, setidaknya untuk mengurangi jumlah gosip tamu haha (if you know what i mean). Ditambah lagi, penting untuk jadi patokan kita, berapa nantinya undangan yang akan kita cetak.

Ini dia contoh nama-nama list undangan
Hal kedua yang gak kalah penting adalah pastikan waktu mencetak kamu gak mepet banget sama hari H. Kalau bisa 4 bulan sebelum hari H. Ini penting disiapkan, karena kamu butuh waktu untuk mencari tempat mencetak, memilih design undangan, dan waktu untuk mencetak undangan pernikahan itu sendiri. Biasanya akan ada revisi dahulu sebelum fix dicetak. Kami sendiri akhirnya 3x revisi, baru naik cetak. Setelah 1 bulan jadilah undangan pernikahan kami (eit.... Jangan lupa minta soft filenya yaa, buat jaga-jaga aja).

Setelah beberapa lama, kami mengecek undangan pernikahan kami (lagi). Ternyata, ada beberapa tamu (khususnya dari Orang tua) yang belum mendapat undangan... Mau tidak mau, kami harus mencari percetakan lagi. Karena biasanya kalau mau tambah cetak ditempat sebelumnya, biayanya akan naik 2-3x lipat karena jumlah yang menyusul lebih sedikit. Jadi..... Pastikan waktu kamu itu cukup untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini. Kebetulan calon suami orang IT yang sudah familiar sama computing design, jadi sedikit lebih cepat prosesnya... Tinggal cari tempat cetaknya. (Alhamdulillah, untung sempat minta soft file yang sebelumnya, jadi proses cepet deh) ☺

Raja Print di daerah Bungur, Senen
Sedikit informasi buat kalian yang tiba-tiba butuh percetakan undangan pernikahan dengan cepat, saya sarankan kalian ke tempat percetakan skala besar. Biasanya mereka lebih memiliki banyak pilihan untuk mencetak dengan harga yang lebih murah. Contoh nya, untuk percetakan offset itu dengan minimal 1000 undangan gak akan sampai 500 ribu rupiah. Dengan hasil jadi kurang dari seminggu. Nah, kalau hanya digital printing, tidak ada minimal order, tetapi memang harga lebih mahal. Contohnya, untuk cetak 200 undangan saja dengan ongkos potongnya harga total 600 ribuan rupiah. Dengan hasil jadi 1 jam sajaa... Kutelah bisa, sayangi kamu kamu kamu dihatiku... (ciyeeeee nyanyi haha) 
Oh iya, tempat cetak digital di Jakarta itu yang murah ada di daerah Senen, di Jl.Kalibaru Timur, Bungur, Senen.. ada banyak banget tempat cetaknya. Boleh pilih sendiri atau minta rekomendasi Google. Saya sendiri cetak di Raja Print, karena di Primagraphia kondisinya tutup. Huhu :(


CP jika mau ke Zaky Card
Hal ketiga yang perlu kamu siapkan adalah budget. Ini tuh penting.... Karena mencetak undangan itu perlu waktu, tenaga, dan dana pastinya. Gak perlu mahal yang jelas, yang penting pesan tersampaikan ke tamu dan kerabat. Kan sayang,  beli undangan pernikahan dengan harga diatas 5000 rupiah.. Tapi kalau sudah selesai acara biasanya undangan akan jadi alas duduk, kipas tangan, atau bahkan dibuang... Sedikit informasi buat kalian, kalau mau cetak undangan yang murah di Jakarta, bisa kunjungi Pasar Tebet Barat di bagian basement nya. Undangan pernikahan kami di Zaky Card di bagian basement sebelah kiri. Selain pelayanannya ramah, design nya bisa custom, dan tentunya hasilnya juga bagus. :)
State of The Art ala Eka-Dimas

Hal keempat yang terakhir adalah kalau kamu seseorang yang suka banget sama hal-hal detail berupa karya seni, boleh kok menyisipkan sedikit ciri khas kamu di wedding invitation kamu. Mau berapapun harga undangan kamu, pastikan state of the art of you both itu terasa. Jadi, jangan sekedar mahal tapi gak berkesan atau murah yang penting ada. Karena bagi saya,menikah itu sekali seumur hidup jadi buat hal itu terasa spesial.






Nah, kami rasa cukup nih sharing dari kami. Semoga bermanfaat buat teman-teman. Lancar ya kalian sampai hari H. :)

Komentar